Minggu, 01 Januari 2012

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA
MELALUI MEDIA GAMBAR
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Drs Dadan Djuanda dosen mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra di Kelas Tinggi


Oleh
Kelompok 10
Kelas 2A

Nahdhiyatul Umami
1003813
Nurwening
1003850
Ida Nurlaila
1003831
Kurnaedi Nurparizki
1003834


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ( PGSD )
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA ( UPI )
KAMPUS DAERAH SUMEDANG
2011

KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penulis tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmunya tentang bagaimana strategi pembelajaran bahasa Indonesia di SD menggunakan media gambar, dari mulai pengertian media, kriteria pemilihan media, macam-macam media, gambar sebagai media pembelajaran dan ciri-ciri gambar yang baik. Yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Makalah ini tidak akan tersusun apabila tidak ada dukungan dari berbagai pihak, maka dari itu kami ucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak Drs Dadan Djuanda, M.Pd selaku dosen mata kuliah pendidikan bahasa Indonesia di kelas tinggi.
2.      Semua pihak yang telah memberikan bantuan.
Penulis menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna. Dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan kelapangan hati para pembaca untuk memakluminya, dan mudah mudahan dapat bermanfaat bagi penulis dan umumnya bagi dunia pendidikan.
                                                                            Sumedang. September 2011 
  Penyusun  

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
………………………………………………...
………………………………………………...
i
ii
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN…………………………………………………
A Latar belakang………………………………………………..
B Rumusan masalah…………………………………………….
C Tujuan penulisan……………………………………………..
1
1
2
2
BAB II
PEMBAHASAN……………………………………………….
A Pengertian dan manfaat media……………………………….
B Macam-macam media………………………………………...
C Kriteria pemilihan media……………………………………..
D Gambar sebagai media pembelajaran………………………...
E Ciri- ciri gambar yang baik………………………………….
3
3
4
5
7
8
BAB III
PENUTUP………………………………………………………
A Kesimpulan…………………………………………………...
B Saran………………………………………………………….
9
9
9
LAMPIRAN


DAFTAR PUSTAKA








BAB  I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sebagian besar anak sudah dapat berkomunikasi dengan lingkungan kehidupan sehari-hari dan tentunya untuk berkomunikasi itu menggunakan bahasa. Begitupun disekolah, anak juga kerap menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan teman-temannya dan juga dengan gurunya. Oleh karena itu bahasa berperan sangat penting dalam kehidupan kita dan sehingga bahasa pun dijadikan sebagai mata pelajaran di setiap sekolah. Khususnya di dunia sekolah dasar (SD) bahasa sangat penting untuk dipelajari karena disinilah mereka untuk pertama kalinya belajar untuk meningkatkan prekembangan bahasa nya melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia
Didalam pembelajaran bahasa Indonesia, untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses belajar salah satunya bisa menggunakan media berupa gambar, karena anak cenderung cepat bosan  dengan strategi pembelajaran yang biasa-biasa saja atau monoton. Sehingga  untuk dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar memerlukan strategi berupa suatu pembelajaran yang menarik, salah satunya yang tadi yaitu, media gambar. Karena dengan menggunakan media gambar apalagi berupa gambar-gambar yang menarik perhatian anak, pasti anak pun akan merasa asyik saat pembelajaran berlangsung dan tentunya akan meningkatkan gairah anak dalam belajar.
Oleh karena itu, kami disini akan membahasa lebih jauh mengenai 
“ Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Gambar”.


B.     Rumusan Masalah
Dengan melihat latar belakang yang dikemukakan, maka adapun beberapa masalah yang dapat penulis rumuskan dan akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1.      Apa yang dimaksud media dan bagaimana manfaat media dalam proses pembelajaran?
2.      Apa saja macam-macam media pembelajaran itu?
3.      Bagaimana kriteria pemilihan dalam media pembelajaran?
4.      Bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media gambar?
5.      Bagaimana ciri-ciri gambar yang baik itu?
C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini yaitu:
1.      Untuk mengetahui pengertian media dan manfaat media dalam pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui macam-macam media pembelajaran.
3.      Untuk mengetahui criteria pemilihan media pembelajaran.
4.      Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media gambar.
5.      Untuk mengetahui ciri- ciri gambar yang baik.


BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian media dan manfaat media dalam pembelajaran
            Media adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran agar dapat menarik perhatian anak, meningkatkan kreativitas anak dan untuk merangsang gairah anak dalam belajar.
Media menurut Soeparmo (1998:1) adalah “suatu alat yang dipakai sebagai saluran ( chanel ) untuk menyampaikan pesan atau informasi dari sumber kepada penerima pesan.”
 Media pembelajaran menurut Sadiman (dalam Djuanda,Dadan 2006 :102) adalah “sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat, serta perhatian siswa agar proses belajar itu terjadi.”
Dalam memberikan pengajaran kepada anak, khusunya usia SD supaya membuat mereka tidak bosan dan tidak jenuh dalam belajar, oleh sebab itu diperlukanlah sebuah strategi yang jitu untuk menarik perhatian anak dan untuk meningkatkan gairah belajar anak dengan cara menggunakan stategi pembelajaran menggunakan media.
Fungsi media dalam proses pembelajaran merupakan penyaji stimulus atau informasi yang berguna juga untuk meningkatkan keserasian penerimaan informasi, selain itu media akan memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis, dan media juga bermanfaat untuk mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. ( Djuanda, Dadan     2006: 102)
Pembelajaran dengan menggunakan media sudah jelas sekali banyak manfaatnya  dalam memudahkan proses mengajar. Sehinnga dalam penerimaan pelajaran mudah untuk diserap oleh masing-masing anak.
Menurut DePorter ( dalam Djuanda, Dadan 2006:102 ) “siswa akan lebih mantap menerima apa yang dipelajari bila anak mendengarkannya (audio ), melihatnya ( visual ), dan melakukannya ( kinestik ).”
Untuk sekarang tergantung pada kekreatifan masing-masing guru dalam mensiasati penggunaan media sebagai strategi pembelajaran agar mampu menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar.
B. Macam-macam media pembelajaran
            Ada beberapa macam media yang sering digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran. Menurut Hastuti (dalam Djuanda,Dadan 2006:103) media pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu:
a.       Media visual yang tidak diproyeksikan, media visual yang diproyeksikan. Yang termasuk media visual yang tidak diproyeksikan ialah:
1.      Gambar diam, misalnya lukisan, foto, gambar dari majalah.
2.      Gambar seri,
3.      Wall chart, berupa gambar, denah atau bagan yang biasanya digantungkan di dinding.
4.      Flash chart, berisi kata-kata dan gambar untuk mengembangkan kosakata.

b.      Sedangkan yang termasuk media visual yang diproyeksikan yaitu media menggunakan alat proyeksi ( proyektor ) sehingga gambar atau tulisan tampak pada layar.



Adapun contoh-contoh dari setiap macam-macam media:
1.      Gambar diam                              2. Gambar seri
       
3.Wall chart                                        4. Flash chart      
       
    
C.    Kriteria pemilihan media pembelajaran
Dalam sebuah proses pembelajaran menggunakan sebuah media kita selaku guru harus pandai-pandai memilih dan memilah media yang tepat untuk dijadikan bahan pengajaran kepada anak didik. Maka adapun beberapa criteria dalam memilih media yang akan digunakan.

Sudjana dan Rivai (dalam Djuanda,dadan 2006:103) mengemukakan beberapa kriteria dalam memilih media pengajaran, sebagai berikut.
a.       Ketepatannya dengan tujuan pengajaran.
b.      Dukungan terhadap isi bahan pelajaran. Adanya media, bahan pelajaran lebih mudah dipahami siswa.
c.       Media yang digunakan mudah diperoleh, murah, sederhana dan praktis penggunaanya.
d.      Keterampilan guru dalam menggunakan media dalam proses pengajaran.
e.       Tersedia waktu untuk menggunakannya, sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi siswa selama pengajaran berlangsung.
f.       Memilih media untuk pendidikan dan pengajaran harus sesuai dengan taraf berpikir siswa, sehingga makna yang terkandung di dalamnya dapat di pahami oleh siswa.
Adapun kriteria dalam pemilihan media pembelajaran selain diatas adalah :
            a. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Media yang dipilih berdasarkan tujuan   insrtuksional yang diterpakan secara umum mengacu kepada kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga arah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan ini dapat digambarkan dalam bentuk tugas yang harus dikerjakan oleh siswa seperti menghafal, melakukan kegiatan fisik, dan mengerjakan tugas-tugas yang
melibatkan pemikiran pada tingkatan lebih tinggi.
b.      Tepat untuk mendukung isi pelajaran
Sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi media yang berbeda, contoh film dan grafik memerlukan simbol dan kode yang berbeda. Agar dapat membantu proses pembelajaran secara efektif, media harus selaras dan sesuai dengan kebutuhan tugas pembelajaran dan kemampuan mental siswa.
c.       Praktis, luwes dan bertahan,
 jika tidak tersedia waktu, dana, atau sumber cara lainnya memproduksi, maka tidak perlu dipaksakan. Kriteria ini menuntun para guru/instruktur untuk memilih media yang ada yang ada, mudah diperoleh atau mudah dibuat oleh guru. Media yang dipilih sebaiknya dapat digunakan dimanapun dan kapanpun dengan peralatan yang tersedia di sekitarnya, serta mudah dipindahkan dan dibawa kemana-mana.
d.      Guru terampil menggunakannya,
 Ini merupakan salah satu kriteria utama. Apapun jenis media yang digunakan, guru harus mampu menggunakannya dalam proses belajar mengajar. Nilai dan manfaat media sangat ditentukan oleh guru yang menggunakannya.

D.    Gambar sebagai Media Pembelajaran
Salah satu jenis media pembelajaran yang digunakan untuk proses belajar mengajar yang bisa menarik perhatian anak, meningkatkan kreativitas anak, dan merangsang gairah belajar anak salah satunya adalah dengan menggunakan media gambar. Selain dapat menjelaskan berbagai hal gambar juga mudah untuk diperoleh. Selain itu jika kita memakai media gambar maka itu akan membuat anak mudah dalam mengingat, karena anak langsung melihat. Misalnya saja kita akan belajar kejadian di masa lalu, tidak mungkinkan kita datang ke masa lalu. Dengan gambar itulah akan menjadi jembatan kita untuk mempelajari kejadian di masa lalu. Selain itu gambar pun bisa menggantikan apabila pembelajaran suatu objek terlalu besar maka diganti dengan gambar.
Didalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD ada empat aspek keterampilan yang harus diajarkan yaitu : membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Dalam pembelajaran keempat aspek itu kita bisa memasukan media gambar dalam proses pengajarannya
E.     Ciri – ciri gambar yang baik
Gambar yang baik dan dapat digunakan sebagai media belajar meurut Sudirman ( dalam Djuanda, dadan 2006 : 104 ) ialah gambar yang memiliki cirri – cirri diantaranya sebagai berikut.
1.      Dapat menyampaikan pesan dan ide tertentu.
2.      Memberi kesan yang kuat dan menarik perhatian kesederhanaan yaitu, sederhana dalam warna tetapi memiliki kesan tertentu.
3.      Merangsang orang yang melihat untuk ingin mengungkap objek – objek dalam gambar.
4.      Berani dan dinamis, pembuatan gambar hendaknya menunjukkan gerak atau perbuatan.
5.      Bentuk gambar bagus, menarik dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Media adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran agar dapat menarik perhatian anak, meningkatkan kreativitas anak dan untuk merangsang gairah anak dalam belajar. Salah satu yang dapat dijadikan media pembelajaran adalah melalui media gambar, karena dengan menggunakan media gambar dapat memperjelas pesan yang disampaikan, untuk keterbatasan ruang karena objek terlalu besar dan pastinya mempunyai daya tarik tersendiri. Sebelum menggunakan media gambar sebagai bahan pembelajaran kita terlebih dahulu menyeleksi dari tiap gambar. Adapun cirri gambar yang baik yaitu: dapat menyampaikan pesan dan ide, menarik perhatian, merangsang orang yang melihat untuk mengungkap objek-objek gambar dan bentuk gambar harus bagus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengajarkan empat keterampilan yaitu membaca, mendengarkan, berbicara, menulis.
B.     Saran
Jadi, hendaknya kita selaku calon guru harus mempunyai kekreativitasan dalam memberikan pengajaran kepada anak didiknya. Dan kita pun harus pandai-pandai memilih dan memilah jenis-jenis media yang akan meningkatkan daya tarik anak dalam belajar. Sehingga diharapkan dengan adanya media dapat menumbuhkan keaktifan anak didik dalam proses pembelajara.
 
DAFTAR PUSTAKA

Djuanda, Dadan, Drs. 2006. Pembelajaran bahasa Indonesia yang   Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta : Depdiknas
Soeparno, Drs. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta : PT. Intan Pariwara. Produkharmony.wordpress.com ( Kamis, 22-09-2011. 10.00 WIB). http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2108417-kriteria-    pemilihan-media-pembelajaran/#ixzz1Z4RVJFZV ( Kamis, 22-09-2011. 10.00 WIB).